LKSA Nur Fadhiilah dalam melakukan Pelayanan pengasuhan anak dalam asrama, melakukan pemenuhan Aspek Standar Proses Layanan yang didalamnya ada Rencana Pengasuhan dan Pelaksanaan Rencana Pengasuhan. Salah satu poin Rencana Pengasuhan adalah acara / kegiatan rekreasi anak sebagai pemenuhan kebutuhan anak untuk relaksasi dari rutinitas kegiatan harian.

Kegiatan Rekreasi Anak ini diinisiasi dalam Rencana Pengasuhan. Untuk Pelaksanaan Rencana Pengasuhan, direalisasikan melalui Organisasi Anak Asuh untuk melakukan eksekusi program.

Dengan demikian, anak anak dilatih untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sendiri melalui pendampingan pengasuhan, agar anak terlatih untuk bertanggung jawab atas hal hal yang ingin mereka lakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang melibatkan mereka sendiri.

Harapannya, agar anak anak terlatih melakukan adaptasi sosial, melakukan kontak sosial dengan teman temannya, terbiasa hidup secara komunal agar bisa mengutamakan dan mengedepankan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi, agar menjadi pribadi yang mandiri dan peduli pada sesama.